Progress pembangunan pesona square tidak menambah kemacetan.

Pihak manajemen Pesona Square menyatakan bahwa pembangunan mal tersebut telah melalui analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). Humas Pesona Square, Mardi, menyatakan bahwa pihaknya memastikan mal itu tidak akan menimbulkan kemacetan di Jalan Ir Juanda jika telah beroperasi pada September nanti. “Kita pastikan saat Pesona Square jadi, tidak akan menambah kemacetan. Karena kita bangun ini juga sudah koordinasi dengan berbagai pihak bukan asal bangun saja. Semuanya ada proses, dari izin lingkungan sampai analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) sudah kita lakukan,” ucap Mardi saat ditemui di Pesona Square, Jalan Ir Juanda, Depok (28/8/2018). Menurut Mardi, pihaknya sudah mengukur ruang dari jalan raya ke pintu masuk Pesona Square dan hasilnya tidak ada yang terkena garis sempadan bangunan (GSB). “Memang kalau dilihat kasat mata dari kasarnya bangunan ini terkesan menjorok. Namun, kan saat diukur ternyata aman,” ucap dia.

Ia juga menyampaikan, manajemen Pesona Square tengah membangun jembatan alternatif di belakang Pesona Square untuk mengurangi kemacetan di Jalan Ir Juanda. Nantinya, pengunjung mal bisa menggunakan jembatan itu untuk keluar ke Jalan M Yusuf, atau tidak keluar ke Jalan Ir Juanda. Jembatan alternatif itu lebarnya 7 meter dan panjangnya 30 meter. Ruang untuk pejalan kaki juga disediakan di kiri dan kanan jembatan alternatif ini. “Jadi nanti kan masuk mal dari Jalan Juanda, nah keluarnya tidak lagi dari Jalan Juanda ini, melainkan melalui jembatan ini yang nantinya langsung menembus ke Jalan M Yusuf, sehingga tidak ada kemacetan,” ucap Mardi.

Selain itu, kata dia, akan ada petugas yang membantu mengatur lalu lintas di pintu masuk pengunjung di Jalan Juanda sehingga mengurangi antrean saat pengunjung masuk ke tempat parkir. Mengenai ojek online yang dikhawatirkan mengambil penumpang di depan Pesona Square, atau di Jalan Juanda, kata Mardi, hal itu akan dikoordinasikan dengan polisi lalu lintas. “Kan tidak bisa dipungkiri juga kalau ada pengunjung ramai pasti ada ojek online yang nanti salah satu faktor kemacetan. Namun kita juga tidak bisa mengusir begitu saja kita, kita akan koordinasi dengan lantas untuk menertibkan ini,” ucap Mardi. Hingga kini, pembangunan Pesona Square mencapai 90 persen. Grand opening untuk mal, hotel, dan apartemen Pesona Square dijadwalkan pada Desember 2018, sedangkan soft opening-nya pada September mendatang. Sebelumnya, Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Depok Kompol Sutomo meminta Pemerintah Kota Depok meninjau ulang perizinan pembangunan Pesona Square, Depok, Jawa Barat.

 

Sumber : https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/28/18375891/manajemen-kami-pastikan-pesona-square-depok-tak-menambah-kemacetan